Echantrezz

JAM

Quote:
Originally Posted by Kelincihilang View Post
Dalam acara The Master pernah Joe Sandy VS Deddy Corbuzier Memainkan permainan kuda catur atau biasa disebut "Knight Tour".Permainan ini dimainkan dengan cara Disediakan papan catur 8x8. Seorang penonton akan dipilih secara acak untuk memilih salah satu kotak untuk diisi sebuah bidak kuda. Dimulai dari kotak itu, kuda akan melangkah ke semua petak dari petak-petak catur yang ada, namun setiap petak hanya boleh dilalui 1 kali. Di buku-buku lain juga dibahas mengenai perjalanan benteng, perjalanan raja, gajah, dan sebagainya, namun perjalanan kuda-lah yang paling rumit.

Lalu, Apakah yang buat Kelincihilang curiga dalam acara The Master tersebut?Ni beberapa hal yang buat ane terasa Aneh :
1. Joe hanya butuh waktu sebentar untuk memulai permainan, begitu pula Deddy
2. Joe hanya butuh waktu sebentar untuk menjawab langkah berikutnya.
3. Joe sama sekali tidak gugup (tidak takut jawabannya salah).
4. Semua langkah Joe dan Deddy adalah langkah hameltonian yang membuat lintasannya tertutup. Lintasan tertutup ini memiliki tujuan, yaitu agar meniadakan unsur kegagalan saat penonton memilih kotak secara acak, karena kotak manapun sesungguhnya hasilnya akan sama, karena lintasannya tertutup.
5. Anggaplah Deddy dan Joe itu super jenius, dan kita anggap bahwa mereka bisa memperhitungkan derajat tiap verteks yang ada dan memiliki kemampuan mnemonic yang sangat hebat. Verteks yang derajatnya minimum (misalnya di pojok) haruslah diprioritaskan. Kemudian, hebatnya lagi, komputer saja harus melakukan backtracking, jika terdapat verteks (petak) yang berderajat ganjil yang belum dilewati. Andai saja Deddy dan Joe memang begitu, maka mereka bahkan bisa menyaingi komputer, karena menghitung jauh lebih cepat.. Lalu, gimana cara backtrackingnya?? (maaf, jika bahasa ane ga dimengerti, bingung nyari kata popularnya).. Wah, mnemonic yang hebat sekali kalau begitu...Apa itu mnemonic?agan bisa liat di Thread ane ni (Dasar-dasar Mnemonic)

Analisa Kelincihilang (kalo dibilang fakta, nanti banyak yang protess) :
1. Joe dan Deddy pasti sudah mengetahui konsep awal dalam permainan mereka, yaitu tentang "Knight's Tour". Jadi, permainan mereka sesungguhnya tidaklah terlalu mendadak. Mereka punya waktu untuk setidaknya "Menghapal lintasan kuda". Namun, lintasan kuda tersebut haruslah hameltonian (tertutup) agar titik awal adalah titik akhir, sehingga petak mana saja yang diambil tidak menjadi masalah. Jadi, mereka harus menghapal suatu lintasan tertutup. Namun, sesungguhnya lintasan tertutup untuk Knight's Tour jumlahnya ada 13.267.364.410.532 buah. Artinya cara untuk menghasilkan lintasan tertutup yang sama antara Joe dan Deddy adalah dengan bekerja sama. Jika tidak, maka kemungkinan lintasan yang dihasilkan adalah terbuka.
2. ane bisa mengatakan ini semua karena ane sangat yakin tidak ada orang yang memiliki kemampuan mnemonic hingga melebihi komputer. Knight's tour dapat dipecahkan dengan menghitung derajat tiap verteks (yang jumlahnya ada 64) yang selalu ada akan berkurang setiap langkah. Kemudian, knight's tour juga membutuhkan backtracking agar langkahnya tertutup, artinya diperlukan memory tambahan lagi. Kemudian, jika ada orang yang memiliki kemampuan seperti ini, tidak mungkin dilakukan lebih cepat daripada komputer.

Nah jadi jika dugaan ane bener kalau permainan Joe VS Deddy adalah sebenernya Hoax,atau bisa dikatakan mereka sebelumnya sudah kerja sama maka Permainan ini tidaklah begitu susah.agan bisa mencobanya sendiri dirumah.Cara bermainnya sama, cuma ga berlawanan.
1. Agan siapkan papan catur 8x8
2. agan suruh 1 korban untuk menaruh bidak kuda catur dimanapun dia mau di salah satu kolom dipapan catur tersebut.
3. Agan tinggal menggerakkan kuda tersebut mengelilingi tiap2 kolom papan catur tersebut.(ingat kolom tidak boleh ditempati dua kali)
4. Ane yakin orang yang jago Catur pun belum tentu bisa melewati semuanya tanpa sisa, jadi sangatlah di anjurkan agan memainkan permainan ini ke orang2 yang doyan catur.mereka pasti terheran2 sekaligus salut ke agan.

5. Untuk rahasianya agan tinggal menghafal "Knight Tour" berikut :

Categories:

Leave a Reply