Echantrezz

JAM

1. alasan buat trit ini
Quote:
Fenoma yang terjadi belakangan ini di masyarakat yaitu sering terjadinya tindak kriminal yang merugikan seseorang. Salah satu tindak kriminal tersebut yaitu banyaknya korban yang terkena hipnotis (sihir) dan lain sebagianya yang sejenis dengannya. Untuk itu lah disini ane coba sampaikan macam-macam atau jenis-jenis dari hal tesebut di atas, yang semoga semua kaskuser tehindar dari tindak kriminal tersebut.
Tanpa sengaja ane baca-baca buku-buku yang pernah di baca (dahulu) dan sekarang baru terpikirkan untuk menjawab permasalahan di atas, yang lebih tepat ke arah solusi saja.
Tanpa panjang lebar alasan tersebut di atas, langsung saja macam-macam atau jenis-jenis sihir dapat dibaca di bawah ini.
2. jelaskan gan atau sist alasannya?
Sebelum lebih lanjut mengenai macam-macam atau jenis-jenis sihir, perlu diketahui apa itu sihir?

3. Apa itu sihir?
Quote:
Menurut bahasa “sihir” merupakan ungkapan dari suatu yang sebabnya sangat lembut dan tersembunyi [ibnu katsir].
Menurut istilah ………………. (penulis belum menemukan sumbernya).
silahkan gan diartikan sendiri arti sihir menurut istilah..

Adapun macam-macam atau jenis-jenis sihir, Abu ‘Abdullah ar-Razi menuturkan bahwa sihir itu ada delapan, yaitu:

Pertama
Quote:
Quote:
Sihir para pendusta, dan kaum Kusydani yang terdiri dari penyembah bintang yang tujuh yang dapat berpindah-pindah, yaitu planet. Mereka ini berkeyakinan bahwa planet-planet itulah yang mengatur alam ini dan yang mendatangan kebaikkan dan keburukan. Kepada mereka itulah Allah Ta’ala mengutus nabi Ibrahim untuk membatalkan sekaligus menentang pendapat mereka itu.
Kedua
Quote:
Quote:
Sihir orang-orang yang penuh khayalan (imajinasi) dan memiliki jiwa yang kuat. Mereka menyatakan bahwa khayalan itu memiliki pengaruh dengan argumen bahwa manusia ini dimungkinkan untuk berjalan di atas jembatan yang diletakan di atas tanah, tetapi tidak mungkin berjalan di atasnya jika jembatan itu diletakkan di atas sungai atau yang semisalnya. Sebagaimana para dokter sepakat melarang orang yang hidungnya berdarah agar tidak melihat kepada segala sesuatu yang berwarna merah, dan orang yang menderita epilepsi tidak boleh melihat hal-hal yang mempunyai sinar atau putaran yang kuat. Yang demikian itu tidak lain karena jiwa itu diciptakan untuk mentaati imajinasi. Menurut mereka ini, para ilmuan telah sepakat bahwa adanya orang yang terkena (musibah disebabkan pandangan) mata adalah sebuah kenyataan. Dia menjadikan sebagai dasar pendapatnya itu dengan apa yang ditegaskan dalam hadits shahih, bahwa rasulullah bersabda : “terkena ‘ain (pandangan mata jahat) adalah benar adanya, seandainya ada sesuatu yang dapat mendahului takdir, maka pastilah ‘ain itu mendahuluinya.”
Ketiga
Quote:
Quote:
Sihir yang menggunakan bantuan arwah ardhiyyah (arwah bumi), yaitu para jin. Hal itu berbeda dengan pandangan para filosuf dan mu’tazilah. Jin itu terbagi menjadi dua bagian: jin mukmin dan jin kafir, jin kafir itu adalah syaitan. Hubungan jiwa manusia dengan para arwah bumi lebih mudah disbanding hubungan mereka dengan arwah langit, karena keduanya mempunyai kesesuaian dan kedekatan. Mereka yang melakukan percobaan dan pengalaman menyatakan bahwa hubungan dengan para arwah bumi ini dapat ditempuh dengan perbuatan-perbuatan yang cukup mudah, berupa mantra, kemenyan, dan pengasingan diri. Inilah yang disebut dengan ‘azain (jampi-jampi) dan ‘amalut takshir (tindakan menundukkan jin).
Keempat
Quote:
Quote:
Sihir dengan tipuan dan sulap mata, dasarnya adalah bahwa pandangan mata itu bisa dikecohkan karena terfokus pada objek tertentu tanpa memperhatikan yang lainnya. Tidaklah anda melihat orang yang pintar bermain sulap mata memperhatikan kelihaian menarik perhatian para penonton sehingga apabila merea asyik memperhatikan hal itu dengan serius, maka ia melakukan hal lain dengan sangat cepat. Dan ketika itu ia memperlihatkan kepada para penonton sesuatu yang tidak ditunggu dan diduga, sehingga mereka pun sangat heran.
Kelima
Quote:
Quote:
Sihir yang menakjubkan yang timbul dari penyusunan alat-alat yang tersusun berdasarkan susunan geometri yang bersesuaian. Misalnya, penunggang kuda yang berdiri di atas kuda yang tangannya terdapat terompet, setiap satu jam, terompet itu berbunyi tanpa ada yang menyentuhnya.
Keenam
Quote:
Quote:
Sihir yang menggunakan bantuan obat-obatan khusus, baik yang berupa obat yang diminum maupun dioleskan. Dan ketahuilah bahwasannya tiada jalan untuk mengingkari adanya pengaruh benda-benda khusus tersebut karena terbukti kita dapat menyaksikan adanya pengaruh daya tarik magnit.
Ketujuh
Quote:
Quote:
Sihir yang berupa penundukkan hati. Di mana seorang penyihir mengaku bahwa ia mengetahui ismul a’zham (nama yang paling agung). Ia juga mengaku bahwa semua jin tinduk dan patuh kepadanya, dalam banyak urusan. Jika orang yang mendengar pengakuan atau pernyataan penyihir seperti itu memiliki otak yang lemah dan daya pembeda yang minim, maka ia akan meyakini bahwa pernyataan seperti itu benar. Kemudian hatinya pun tergantung padanya, selanjtnya muncul rasa takut. Dan jika rasa takut sudah muncul, maka semua kekuatan inderawi menjadi lemah, dan pada saat itu si tukang sihir dapat berbuat sekehendak hatinya.
Kedelapan
Quote:
Quote:
Sihir berupa usaha mengadudomba dengan cara tersembunyi dan lembut. Dan hal ini sudah tersebarluas di tengah-tengah masyarakat.

Categories:

Leave a Reply